Menggunakan DD TA 2024, Desa Lubuk Tapi Bedah Rumah Warganya

0

BENGKULU SELATAN – Dengan menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2024, Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Tapi Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, menetapkan salah satu realisasinya untuk program bantuan bedah rumah.

Diketahui, bedah rumah ini pun saat ini telah dimulai proses pembangunannya.

Dijelaskan oleh Kepala Desa Lubuk Tapi Junitang Tiga Poma, Amd, program bedah rumah tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama antara Pemerintah Desa dengan masyarakat, unsur-unsur lain yang ada di dalam desa, tentunya juga sesuai dengan Juknis dari Permenkeu Nomor 146 Tahun 2023, Permendesa dan PDTT Nomor 7 Tahun 2023 serta RKPDes Lubuk Tapi Nomor 4 Tahun 2023.

“Penggunaan DD tahun ini salah satunya untuk bedah rumah, untuk warga kami yang kurang mampu dan kondisi rumah yang sangat memprihatinkan. Alhamdullilah sekarang realisasinya sedang berjalan, pengerjaan atau pembangunannya pun secara swadaya,” terang Kades Junitang, Selasa (04/06/2024).

Lanjut Junitang untuk warga yang mendapatkan program bedah rumah ini, atas nama Bapak Mediansyah, dengan diberikan bantuan senilai Rp 10 juta yang bersumber dari DD.

Ditambahkannya lagi, nantinya pihaknya berencana akan memberikan bantuan bedah rumah lagi untuk warga desa, namun saat ini masih dilakukan pendataan dan skala prioritas untuk warga yang berhak menerima.

“Karena keterbatasan dana, sesuai dengan Permendesa dan PDTT Nomor 7 Tahun 2023 maksimal DD yang bisa di gunakan untuk program bedah rumah adalah 3% atau maksimal Rp10juta, maka untuk tahun ini kita baru dapat merealisasikan bedah rumah untuk satu rumah, namun tahun depan jika masih ada warga yang kita nilai layak, akan kita lakukan bedah rumah lagi,” jelas Junitang.

Sementara itu, Mediansyah, warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah mengungkapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Desa yang telah mengambil kebijakan program bedah rumah melalui DD.

Sehingga melalui program ini, kata Mediansyah, warga desa sepertinya dapat merasakan memiliki rumah yang layak huni.

“Alhamdullilah, melalui program bedah rumah, program yang sangat bermanfaat ini, saya nantinya bisa merasakan memiliki rumah yang layak huni. Jelas ini sangat membantu kami warga yang tidak mampu, karena kondisi rumah kami sebelumnya memang sudah tidak layak huni,” ungkap Mediansyah. (thor)

Leave A Reply

Your email address will not be published.