TPPS Bengkulu Selatan Gelar Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

0

BENGKULU SELATAN – Dalam rangka percepatan penurunan stunting Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Jumat (17/05/2024).

Melalui Tim Percepatan Penurunan Sunting (TPPS) Bengkulu Selatan menggelar rembuk stunting tingkat Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2024, yang dilaksanakan di Aula Bappeda Litbang Bengkulu Selatan.

Pada kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua TPPS Bengkulu Selatan sekaligus Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan Sukarni S.P., M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Bengkulu Selatan Ferry Kusnadi, SE mengatakan penanggulangan stunting merupakan program prioritas nasional, untuk itu perlu mendapatkan perhatian.

“Perhatian apa yang harus kita lakukan, tentunya kita mulai dengan pemantauan status gizi dan perkembangan anak, pengetahuan tentang kesehatan gizi sebelum dan pada masa kehamilan hingga 100 hari pertama kehidupan,” ucapnya.

Untuk mencapai hal tersebut perlu meningkatkan keselarasan dan pemantapan intervensi spesifik dan sensitive, baik oleh perangkat daerah dan juga dukungan dari lintas sektor, lanjutnya.

Lebih lanjut Ferry mengatakkan selain meningkatkan keselarasan dan pemantapan intervensi spesifik dan sensitive bisa juga meningkatkan aksi konvergensi di tingkat desa.

Mengoptimalisasi pemanfaatan dana desa maupun anggaran lain untuk mendukung bulan timbang dan imunisasi, bidan keluarga balita dan sekolah orang tua hebat untuk meningkatkan kemampuan pola asuh.

Namun hal yang masih menjadi perhatian Pemkab Bengkulu Selatan adalah Desa Lokus Stunting, di Kabupaten Bengkulu Selatan masih terdapat 9 desa yg terdeteksi stunting,mulai dari desa Padang Lebar, Darat Sawah, Tanjung Beringin, Sukarami, Suka Maju, Talang Padang, Padang Serasan, Kota Medan, Dan Kayu Ajaran.

Pada kesempatan itu juga ia berharap semoga dengan diselenggarakannya rembuk stunting tingkat kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2024 ini akan semakin menguatkan komitmen seluruh pihak dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Bengkulu Selatan. (thor)

Leave A Reply

Your email address will not be published.